AdMedika News

Updates on AdMedika

29 Jul

Telkom Group dan Philips membantu menurunkan AKI di Jayapura dengan Solusi T-Health

Telkom Indonesia, AdMedika, TelkoMedika dan Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA), mengumumkan kolaborasi untuk membantu menekan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) yang tinggi dengan program T-Health MOM (Mobile Obstetrical Monitoring). T-Health atau Telkom Health Digital Service, solusi telehealth berbasis smartphone, membantu mengidentifikasi ibu hamil dengan risiko tinggi. Peluncuran program ini di Puskesmas Twano, Jayapura diresmikan oleh Walikota Jayapura Dr. Benhur Tommi Mano, MM, Kepala Dinas Kesehatan Jayapura Arif Dwi Darmanto, Presiden Direktur Philips Indonesia, Suryo Suwignjo serta Direktur Marketing & Business AdMedika, Hesti Nugrahani.

Berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2014, hanya 42,76% kelahiran di Papua yang dibantu oleh tenaga medis yang terlatih. Angka ini merupakan yang terendah di wilayah Indonesia Timur, apalagi dibandingkan dengan tingkat cakupan nasional sebesar 90,88%. Data dari Dinas Kesehatan Papua pada tahun 2014 juga mengungkapkan bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) adalah 422/100.000 kelahiran yang juga masih dianggap tinggi jika dibandingkan dengan angka nasional yaitu 359/100.000 kelahiran.

“Kami bangga Jayapura menjadi kota pertama di Indonesia Timur yang menggunakan T-Health MOM,” kata Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tommi Mano, MM. “Sebagai ibukota Papua, Jayapura  terus berinovasi dalam mewujudkan kota Jayapura yang maju dan sehat. Salah satunya adalah melalui implentasi program T-Health MOM, yang merupakan bagian dari rangkaian program pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak. Dengan T-Health MOM, bidan akan dapat lebih proaktif dalam menjangkau pasien, sehingga kehamilan berisiko bisa dideteksi sedini mungkin dan penanganannya pun bisa dilakukan pada tahap awal. Hasilnya, Ibu dan bayi bisa selamat dan sehat hingga proses kelahiran.”

“Inti dari program T-Health MOM adalah dengan dukungan teknologi dan dukungan dokter spesialis,  bidan dan dokter umum di puskesmas mampu menjaga sekaligus memantau kondisi kesehatan para ibu hamil. Dengan aplikasi T-Health MOM pada ponsel pintarnya, bidan dapat mengecek kondisi kesehatan ibu hamil di mana pun dan kapan pun. Aplikasi ini juga akan terhubung dengan sisi dokter spesialis yang akan membantu mengidentifikasi ibu dengan risiko komplikasi sedini mungkin,” Kepala Dinas Kesehatan Jayapura Arif Dwi Darmanto menjelaskan.

“Di Papua, calon ibu seringkali harus menempuh perjalanan jauh untuk mengakses klinik spesialis dan mendapatkan perawatan, sehingga deteksi dini bagi para ibu dengan kehamilan berisiko menjadi sangat penting. Karenanya, kami percaya program T-Health MOM ini akan membantu kami memberikan pelayanan dan perawatan yang lebih baik bagi ibu hamil,” komentar Ketua DPRD Kota Jayapura Lievelin Louis Ansanai.

 

"Kami sebagai bagian dari Telkom Group bangga turut menjadi inisiator dari program ini untuk membantu menekan AKI di Jayapura dan sekitarnya. Secara pararel implementasi T-Health MOM di daerah lain di Indonesia sudah dipersiapkan dan dalam waktu dekat sudah dapat dijalankan. Hal ini semakin memperkuat posisi AdMedika sebagai vehicle Telkom Group di industry kesehatan nasional yang memberikan layanan integrated e-Health Solution” ungkap Hesti Nugrahani Direktur Marketing & Business AdMedika. Pada kesempatan terpisah Presiden Direktur AdMedika Iskriono Windiarjanto mengatakan “Telkom Group mendukung program ini dengan jaringan infrastruktur komunikasi yang kuat dan juga back end data melalui platform cloud sehingga menjamin program ini berjalan secara efektif dan bisa menjangkau area-area terpencil di seluruh Indonesia.”

"Di Philips, kami bekerja berlandaskan visi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di sekitar kita. Melalui upaya penelitian dan pengembangan kami secara global, kami berusaha untuk membawa inovasi yang bermakna bagi orang banyak di berbagai bidang. Di bidang kesehatan, yang merupakan fokus global Philips untuk saat ini, kami telah mengidentifikasi cara untuk membuat perawatan medis lebih mudah diakses serta efektif melalui teknologi. Salah satu inovasi paling efektif dan menjanjikan yang kita lihat di seluruh dunia adalah menyatukan perawatan kesehatan dan teknologi digital,” kata Suryo Suwignjo, Presiden Direktur Philips Indonesia.

MOM yang sekarang menjadi bagian dari program T-Health merupakan solusi perawatan terkoneksi dengan jangkauan lebih luas dan memungkinkan perawatan terintegrasi  yang berorientasi pada pasien serta sesuai dengan kebutuhan. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Telkom Group & Phillip untuk memberikan akses layanan kesehatan yang lebih mudah dan lebih baik bagi masyarakat di Indonesia.

logo-footer PT. Administrasi Medika


iso-admedika telkomedikalogo metralogo telkomlogo
Official Social Channels   Facebook   Twitter   Twitter   Twitter