AdMedika News

Updates on AdMedika

07 Sep

Program CFUE #BringITOn , DigiClinic Hadir Sebagai Solusi Digital Klinik di Masa Pandemi

Program CFUE #BringITOn ,  DigiClinic Hadir Sebagai Solusi Digital Klinik di Masa Pandemi

JAKARTA – Kebutuhan akan digitalisasi sistem informasi kesehatan terus berjalan seiring waktu. Akan tetapi, dampak pandemi mengharuskan banyak rumah sakit termasuk klinik mengatur kembali strategi untuk bertahan dengan cara memilih solusi yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran.

Telkom Group melalui anak perusahaannya Admedika, pada bulan Mei telah melakukan softlaunching untuk solusi DigiClinic sebagai solusi aplikasi klinik untuk mensolusikan operasional klinik selama masa pandemic. Dan sejak softlaunching sudah 100 klinik yang menggunakan solusi Digiclinik, salah satunya klinik Basmallah.

Putri Utami selaku pemilik dari Klinik Basmalah Sumedang, berbagi pengalaman mengenai bagaimana kliniknya bertahan ditengah pandemi. Ia membenarkan bahwa kunjungan klinik menurun hingga lebih dari 50% dampak dari pandemi Covid-19. Meski ditengah efisiensi anggaran, Putri memahami bahwa sistem informasi merupakan sebuah kebutuhan yang mendesak yang saat itu harus segera dipenuhi karena sistem yang sebelumnya digunakan sudah tidak mampu mengakomodir kebutuhan klinik.

Ditengah kondisi yang terbatas, Putri mendapat informasi mengenai DigiClinic sebagai solusi sistem informasi klinik dari Telkom Group. Setelah melalui masa percobaan selama 14 hari, akhirnya di awal Mei 2020 Putri memutuskan untuk menggunakan DigiClinic dan meninggalkan sistem yang sebelumnya sudah digunakan selama dua tahun. Keputusan tersebut tentu saja diambil berdasarkan manfaat yang dirasakan seperti;

  1. DigiClinic mampu membantu administrasi untuk keperluan memperpanjang Surat Tanda Registrasi (STR) dokter
  2. Memudahkan persiapan akreditasi klinik kedepannya,
  3. Menyediakan pelaporan rutin kepada instansi lain seperti Kepolisian dan Puskesmas yang dapat diakses hanya dalam satu klik
  4. Tersedia fitur digital rekam medis yang memudahkan dalam mencari data dan riwayat pasien.
  5. DigiClinic siap integrasi dengan BPJS Kesehatan dan sistem yang dirancang mengintegrasikan antar satu unit dengan unit lain.

Putri juga menuturkan bahwa selain merasakan manfaat di sisi operasional klinik sehari-hari, data yang ter-capure di DigiClinic dapat dimanfaatkan sebagai informasi bagi manajemen untuk mengambil keputusan baik untuk perencanaan strategi klinik kedepannya maupun untuk keperluan Corporate Social Responsibility (CSR) di lingkungan klinik.

Di sisi manfaat efisiensi anggaran, Putri menambahkan “Alasan lain yang membuat kita yakin sama DigiClinic adalah karena menawarkan solusi terkait skema pembayaran secara bulanan yang sangat membantu kita dalam mengatur cash flow klinik, apalagi di masa pandemi saat kunjungan menurun”.

Ketika ditanya mengenai kekhawatiran dalam hal perpindahan data dari sistem sebelumnya ke DigiClinic, Putri menjelaskan “Awalnya saya dan karyawan merasakan kekhawatiran seperti harus training kembali, menyiapkan file untuk perpindahan datanya terus belum lagi karyawan harus penyesuaian lagi. Kita udah kebayang perpindahannya akan riweuh seperti sistem yang sebelumnya. Tapi ternyata kekhawatiran kita ga terjadi. Perpindahan data kurang dari satu minggu setelah itu data kita sudah siap didalam DigiClinic. Dan yang paling bikin kita happy adalah training-nya cukup via online dipandu sama team Telkom dan waktu karyawan coba mereka langsung mengerti kaya lagi belajar otak atik hp aja”.

Lalu bagaimana jika terjadi kendala? Putri menjawab “Kita cuma tinggal kontak Telkom Group lewat chat dan langsung dipandu penyelesaiannya. Jadi emang DigiClinic ini gampang banget dioperasikannya”.

“Kami berharap DigiClinic dapat dikembangkan menjadi sebuah aplikasi sehingga dapat dioperasikan melalui hand phone jika terjadi kendala pada perangkat komputer” ujar Putri menutup cerita.

Telkom Group hadir memberikan solusi digital terdepan #BringITOn #GakNyerah #AyoBerubah.

logo-footer PT. Administrasi Medika


iso-admedika telkomedikalogo metralogo telkomlogo
Official Social Channels   Facebook   Twitter   Twitter   Twitter