AdMedika News

Updates on AdMedika

10 Aug

AdMedika Turut Mendukung Terwujudnya Layanan Telekonsultasi SmartRSCM

AdMedika Turut Mendukung Terwujudnya Layanan Telekonsultasi SmartRSCM

Jakarta - Lakukan trobosan baru, RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) hadirkan layanan telekonsultasi bernama SmartRSCM yang diluncurkan secara simbolis oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) dr. Dante Saksono Harbuwono, Direktur Utama RSCM dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, Direktur Utama AdMedika Dwi Sulistiani, Direktur Utama Siyap Dok Dony Isnandi,EVP Divisi Enterprise Service Telkom Teuku Muda Nanta, Direktur Digital Service Transformation & IT Prodia Andri Hidayat di Gedung RSCM, Jumat (5/8).

Hadirnya aplikasi ini, menjawab tantangan dalam percepatan digitalisasi layanan kesehatan, yang mana saat pandemi Covid-19, menjaga kesehatan menjadi salah satu tantangan yang besar. Dengan adanya SmartRSCM ini setiap pasien dapat langsung berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke RS, hal ini sejalan dengan peraturan peraturan pembatasan sosial yang diterapkan oleh pemerintah tentunya membuat akses layanan kesehatan menjadi terbatas.

SmartRSCM ini dapat dikatakan sebuah layanan one stop service dimana semua layanan terintegrasi menjadi satu. Bekerja sama dengan AdMedika, pasien tidak perlu khawatir mengenai pembayaran karena layanan ini dapat dinikmati oleh peserta asuransi atau korporasi yang telah bekerjasama secara khusus dengan AdMedika untuk layanan tersebut.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengatakan bahwa fitur video call yang ada dalam platform ini membuat pertemuan virtual pasien dan dokter terasa lebih nyata. “Dengan video call, kehadiran dokter itu lebih dirasakan. Kalau aplikasi lain yang biasanya dengan chatting, dan chatting itu kurang dirasakan kehadiran dokternya. Beberapa pasien membutuhkan secara psikologis kelihatan dokternya sehingga konsultasinya bagus,” tutur Dante.

Pada sambutanya EVP Divisi Enterprise Service Telkom Teuku Muda Nanta dalam sambutannya menyampaikan komitmen TelkomGroup, melalui anak usahanya yang bergerak di bidang kesehatan (AdMedika), dalam mendukung percepatan digitalisasi layanan kesehatan yang diinisiasi oleh RSCM melalui layanan SmartRSCM. Tidak hanya itu, Telkom juga mendukung integrasi aplikasi Kimia Farma untuk SiapDok dalam rangka memperkuat layanan SmartRSCM sebagai layanan one stop service. “Sejalan dengan upaya Telkom bertransformasi menjadi digital telecommunication company, kami siap mendukung RSCM dan pemerintah dalam mendigitalisasikan ekosistem kesehatan Indonesia guna memberikan layanan yang prima bagi masyarakat,” ungkap Nanta.

“AdMedika terus berkomitmen meningkatkan layanan bagi klien dan peserta serta turut berperan aktif dalam upaya pengembangan Digital Healthcare di Indonesia, sebagai perusahaan Total Health Solution melalui kerjasama dengan RSCM bersama Kimia Farma, Prodia dan SiapDok, AdMedika dapat memberikan solusi bagi para klien yang ingin memanfaatkan layanan digital utamanya dalam hal memberikan solusi telemedisin secara non tunai,” kata Dwi Sulistiani selaku CEO AdMedika.

Hal senada juga diungkapkan oleh Nurtjahjo Walujo Wibowo, Direktur Utama PT. Kimia Farma Apotek yaitu, “Sebagai perusahaan jaringan kesehatan yang terkemuka dan mampu memberikan solusi kesehatan masyarakat di Indonesia, seluruh jaringan Apotek Kimia Farma siap membantu layanan resep elektronik dari RSCM melalui aplikasi SmartRSCM sehingga membantu pasien untuk mendapatkan obat yang terjamin mutu dan kualitasnya dengan cepat dan tepat dari apotek terdekat pasien,” ujar Wibowo.

Direktur Digital Service Transformation & IT PT. Prodia Widyahusada, Tbk. Andri Hidayat, menyampaikan “Prodia mengapresiasi RSCM dalam membangun ekosistem kesehatan yang terintegrasi. Sebuah kehormatan bagi Prodia untuk bisa ikut berkontribusi merealisasikan Program Prioritas Transformasi Teknologi Kesehatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui program bersama SmartRSCM.

Kemitraan ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pasien untuk memperoleh layanan kesehatan yang komprehensif, mulai dari telekonsultasi, permintaan uji lab rujukan, hingga perolehan hasil pemeriksaan. Konsep digitalisasi pelayanan kesehatan selaras dengan tema utama Prodia, yaitu “Embracing Future Healthcare” melalui Transformasi Digital dalam menghadapi tantangan global serta dinamika teknologi kesehatan. Melalui kemitraan ini, Prodia percaya dapat membangun jaringan ekosistem kesehatan yang terpadu sehingga dapat menunjang kemudahan dan kenyamanan akses layanan kesehatan bagi pasien,” ujar Andri

logo-footer PT. Administrasi Medika



iso-admedika telkomedikalogo metralogo telkomlogo
Official Social Channels   Facebook   Twitter   Twitter   Twitter