Sehati - Sehat Indonesiaku

AdMedika Health Blog

26 Aug

Rheumatoid arthritis

By 
(0 votes)

Merupakan suatu jenis peradangan sendi kronis dengan gejala nyeri , bengkak, kaku dan berkurangnya fungsi fungsi sendi . Dapat mengenai semua sendi walaupun lebih sering dijumpai pada sendi sendi pada jari jari pergelangan tangan .
Biasanya lebih sering dijumpai pada wanita daripada pria pada usia pertengahan sampai usia tua, rasio antara pria dan wanita dalam hal ini adalah 1 : 2,5 , rheumatoid arthritis juga dapat mengenai bagian selain sendi seperti mata, mulut, paru, kulit , jantung dan pembuluh darah. Rheumatoid arthritis merupakan suatu penyakit autoimun dimana peradangan sendi tersebut terjadi oleh karena reaksi serangan dari system kekebalan tubuh terhadap jaringan tubuh sendiri.

Belum diketahui pasti penyebab terjadinya rheumatoid arthritis tapi didapati ada pengaruh faktor lingkungan , hormon dan genetik, rheumatoid arthritis menyebabkan kerusakan pada permukaan sendi sehingga terjadi nyeri dan bengkak serta dapat terjadi erosi dan deformitas pada tulang.
Adapun beberapa gejala Rheumatoid Arthitis diantaranya adalah ternjadinya kemerahan, nyeri berlebih pada sendi kemudian kekakuan sendi terutama pada pagi hari atau setelah istirahat lama kemudian demam, penurunan berat badan, kelelahan dan sendi yang terkena biasanya simetris.

Rheumatoid arthritis pada awalnya menyerang sendi sendi kecil , pengobatan rheumatoid arthritis secara optimal adalah kombinasi dari edukasi keseimbangan antara istirahat dan latihan latihan proteksi sendi, obat obatan jika diperlukan dan apabila dirasa sangat penting maka akan dilakukan pembedahan. Tujuan pengobatan Rheumatoid arthritis adalah untuk mengurangi nyeri dan peradangan serta meningkatkan tugas sendi secara keseluruhan.

 

Ditulis oleh

Dr. Indra Peni, SpOT (Dokter spesialis bedah orthopedi RS Premier Jatinegara)

RS Premier Jatinegara

http://www.rs-premierjatinegara.com/

Read 12284 times
Mitra Sehati

logo-footer PT. Administrasi Medika


iso-admedika telkomedikalogo metralogo telkomlogo
Official Social Channels   Facebook   Twitter   Twitter   Twitter