Sehati - Sehat Indonesiaku

AdMedika Health Blog

24 Oct

Pembengkakan pada Jantung " Kardiomegali" Part I

By 
(1 Vote)

Apakah Pembengkakan Jantung itu?

Jantung adalah organ yang sangat penting sekali bagi kelangsungan hidup manusia, jika organ ini tidak berfungsi maka manusia tidak akan bisa bertahan hidup, jadi penting sekali menjaga jantung sejak dini. Pada kesempatan kali ini akan dibahas pengertian tentang jantung bengkak yang dalam bahasa medisnya disebut kardiomegali.
Kardiomegali adalah kondisi ketika jantung mengalami pembesaran. Istilah ini menggambarkan suatu gejala yang dapat disebabkan oleh berbagai penyakit yang mendasari. Orang yang mengalami kardiomegali dapat merasakan gejala jantung berdebar atau palpitasi, sesak napas, tubuh terasa lelah, kenaikan berat badan, lingkar perut yang bertambah, dan pembengkakan di kaki Ukuran jantung si penderita akan lebih besar dibandingkan dengan ukuran jantung pada umumnya. Untuk dapat mengetahuinya, bisa melakukan tindakan rontgen dada.

Terjadinya pembengkakan pada jantung disebabkan karena adanya pembesaran otot jantung atau bisa juga disebabkan karena menumpuknya cairan darah karena adanya bendungan pada ruang jantung. Jika sudah terjadi kondisi tersebut, maka akan berpontensi mengalami gagal jantung, yang mana jantung tidak dapat berfungsi secara optimal, akibatnya darah tidak dapat dialirkan ke seluruh tubuh.

Mengapa jantung bisa bengkak?

Adanya kerusakan yang terjadi pada otot jantung yang menyebabkan terjadinya jantung bengkak. Kerusakan otot ini dapat terjadi dikarenakan otot jantung yang melonggar sehingga mengakibatkan volume bilik jantung menjadi membesar (kardiomegali dilatasi) dan disebabkan karena adanya penebalan yang terjadi pada otot jantung (hipertrofi). Kardiomegali juga mempunyai jenis utamanya yaitu Kardiomiopati dilatasi yang merupakan suatu kondisi di mana otot jantung mengalami penipisan. Dalam kasus ini, ventrikel atau kedua sisi jantung mengalami penipisan dan meregang, sehingga mengakibatkan organ jantung mengalami pembesaran.

Sementara kardiomegali hipertrofi merupakan suatu keadaan di mana sisi kiri dari organ jantung mengalami penebalan. Keadaan ini paling banyak dipicu oleh hipertensi (tekanan darah tinggi) sehingga mengakibatkan hipertrofi (sisi kiri organ jantung) mengalami pembesaran. Dalam tahap awal pebentukannya, jantung yang sudah membengkak masih bisa memompa darah dengan normal, namun dengan berkembangnya pembengkakan, kinerja atau kemampuan organ jantung dalam memompa dan menyebarkan darah semakin berkurang sehingga dapat mengakibatkan kegagalan jantung. Hal apa saja yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung bengkak? Mungkin pertanyaan itu yang seringkali muncul di benak Anda.

Sumber:

  1. http://digiyan.com/kesehatan/jantung/penyebab-jantung-bengkak-dan-gejalanya/
  2. http://www.elifmedika.net/2015/11/kardiomegali-atau-pembengkakan-jantung-dan-penanganannya.html
  3. http://www.alodokter.com/kardiomegali
  4. http://mediskus.com/penyakit/jantung-bengkak
Read 36355 times
logo-footer PT. Administrasi Medika


iso-admedika telkomedikalogo metralogo telkomlogo
Official Social Channels   Facebook   Twitter   Twitter   Twitter