Sehati - Sehat Indonesiaku

AdMedika Health Blog

dr Maya Wardhani

dr Maya Wardhani

PENYAKIT INFEKSI

Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain. Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan jasad hidup (organism). Kuman-kuman ini menyebar dengan berbagai cara dan vector.

Contoh-contoh penyakit infeksi :

Disebabkan oleh Bakteri

  • TBC : ditularkan memalui udara
  • Tetanus : melalui luka yang kotor
  • Mencret : lalat, air dan jari yang kotor
  • Pneumonia : lewat batuk (udara)
  • Gonorrhea dan sifilis : hubungan kelamin
  • Sakit telinga : dengan selesma (masuk angin dan pilek)

Disebabkan oleh Virus

  • Selesma, influenza, campak, gondok : ditularkan melalui udara, batuk, ataupun lalat
  • Rabies : melalui gigitan binatang
  • Penyakit kulit : melalui sentuhan

Disebabkan oleh Jamur

  • Kurap, kutu air, dan gatal pada lipatan paha : ditularkan melalui sentuhan atau dari pakaian yang di pakai secara bergantian

Disebabkan oleh Parasit internal (hewan berbahaya yang hidup di dalam tubuh)

  • Disentri : ditularkan dari kotoran ke mulut
  • Malaria : malalui gigitan nyamuk

Disebabkan oleh Parasit eksternal (hewan yang berbahaya yang hidup di permukaan tubuh)

  • Kutu rambut, kutu hewan, kutu busuk berupa kudis : penularannya dari orang-orang yang telah terinfeksi atau melalui pakaian

Beberapa tips untuk mencegah terkena penyakit infeksi:

  1. Sering mencuci tangan.
  2. Rutin membersihkan dan mensterilkan lantai dan permukaan, terutama di dapur dan kamar mandi. 
  3. Jauhi penderita penyakit yang mudah menular melalui kontak, misalnya flu, cacar air atau belekan. 
  4. Cegah perkembangbiakan nyamuk demam berdarah dan nyamuk lainnya dengan gerakan 3M Plus (Menguras, Menutup, Mengubur dan Menggunakan anti nyamuk). Pastikan tidak ada air yang menggenang di rumah Anda, kuras kamar mandi secara teratur, tutup tempat-tempat yang berpotensi mengumpulkan air dan kubur botol, pot, tempayan dan benda-benda penampung air lainnya.
  5. Masak dan sajikan makanan dengan aman. 
  6. Dapatkan imunisasi. Pastikan bayi Anda mendapatkan semua imunisasi yang dibutuhkan sesuai jadwal. Bila Anda bepergian ke daerah yang rawan, dapatkan imunisasi yang tepat sebelum Anda berangkat ke sana. Jamaah haji wajib mendapatkan imunisasi meningitis sebelum berangkat.
  7. Gunakan antibiotik dengan bijak. 
  8. Jagalah kebersihan dan kesehatan hewan piaraan Anda. 
  9. Hindari kontak dengan binatang liar yang mungkin membawa penyakit berbahaya. Tikus dapat membawa penyakit pes dan leptospirosis. Burung dan ayam liar dapat membawa virus flu burung. Kucing dan anjing liar dapat menularkan rabies.
  10. Makanlah makanan yang kaya antioksidan dan multivitamin A, C dan E.

PENYAKIT DEGENERATIF

Penyakit degeneratif adalah suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Sedikitnya ada 50 yang termasuk penyakit degenerative.
Beberapa penyakit degeneratif di antaranya adalah diabetes melitus, stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dislipidemia, hipertensi, penyakit jantung, asam urat dan sebagainya. Penyakit degenerative terjadi karena adanya proses penuaan, biasanya terjadi saat usia bertambah tua. Tetapi saat ini penyakit degenerative dapat terjadi pada orang yang umurnya lebih muda. Di Indonesia, penyakit degeneratif saat ini banyak terjadi di kalangan muda dan di perkotaan. Penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup akibat urbanisasi dan modernisasi. Perubahan gaya hidup ini dapat dilihat secara jelas antara lain dengan munculnya tempat-tempat makan junk food di hampir seluruh sudut kota dan kesempatan olahraga yang sering ditinggalkan.

PENYAKIT YANG DISEBABKAN PERILAKU TIDAK SEHAT

Stress Berlebihan
Stres yang berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memacu resiko penyakit jantung, serta membuat tidak nyaman. Stres yang berlebihan juga memacu penuaan dini. Ibu-ibu yang memiliki anak-anak dengan penyakit kronis merupakan orang-orang yang mengalami stres, dan mengalami penuaan dini yang paling ekstrim. Untuk mengurangi stres adalah dengan menarik nafas dalam-dalam dan selalu berpikiran positif, dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dapat mengurangi stress.

Minuman Alkohol
Bukan merupakan suatu kebetulan bila alkohol merupakan kabar buruk mengenai stres. Para wanita sebaiknya membatasi diri meminum minuman beralkohol. Berbagai gangguan kesehatan juga bisa timbul dari kebiasaan minum alkohol yang berlebihan. Termasuk serangan jantung, kangker hati, kanker tenggorokan, dan kanker payudara.

Kurang Bergerak
Dengan sedikit menggerakkan tubuh, dapat memperpanjang hidup serta mengurangi kelebihan berat, mengurangi stres, dan bahkan mencegah penyakit Alzheimer (demensia). Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu hanya dengan berjanji pada diri sendiri bahwa kita akan lebih aktif. Parkirlah mobil dari jauh pintu masuk, menggunakan tangga dan tidak menggunakan lift, melakukan olahraga/ senam, jalan kaki selama 30 menit atau lebih banyak selama lima kali atau lebih dalam satu minggu.

Makanan Berlemak
Lemak yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memacu kolesterol tinggi dan merangsang penyakit jantung. Biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi makanan yang non-kolesterol dan berkadar lemak rendah. Tips: Takar asupan lemak, jangan lebih dari 10 persen (atau kurang) dari seluruh kalori.

Merokok
Untuk mengurangi bahaya kanker dan kerutan dini, Anda dapat mengganti rokok dengan permen karet rasa nikotin. Berdasarkan penelitian di tahun 2004, permen karet rasa nikotin memberikan hasil dua kali lipat dimana perokok berhenti merokok dibandingkan dengan keinginan/ janji si perokok untuk berhenti merokok.

Menghirup Udara Polusi
Polusi udara dapat menyebabkan batuk dan sakit mata/ mata perih dan hal ini berhubungan dengan serangan pada penyakit asma dan saluran pernafasan. Usahakan untuk berada di dalam ruangan sebanyak yang Anda bisa bila kadar udara sedang tinggi.

Terlalu Sering Kena Sinar Matahari
Batasi diri Anda dari sengatan sinar matahari dan gunakan tabir matahari, paling tidak yang mengandung SPF 15 untuk mencegah resiko kanker kulit dan juga kerutan.

Kurang Tidur
Kurang tidur berhubungan dengan obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi dan masalah ingatan. Singkirkan segera televisi dan benda-benda elektronik lain yang mengganggu ketenangan dari kamar tidur Anda. Tata ulang kamar tidur Anda dan ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman dengan lampu yang temaram yang membuat Anda tidur dengan nyenyak.

Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan dapat memicu kemungkinan penyakit serangan jantung, diabetes, bahkan kanker. Penelitian mutakhir menyatakan jenis diet yang dilakukan kurang penting dibandingkan dengan komitmen Anda untuk melakukan diet tersebut dengan disiplin.

Mengonsumsi Gula Berlebih
Gula yang berlebihan dapat menaikkan berat badan dan kemungkinan terserang penyakit jantung. Ahli nutrisi menyarankan untuk menjaga tambahan gula pada makanan kecil/cemilan dan kue-kue kering sampai 12 sendok teh per hari pada diet berkalori 2200. Selain itu ganti makanan yang manis-manis dengan buah-buahan dan sayuran segar

Daftar Pustaka

  1. https://amaliabin.wordpress.com/2014/12/29/materi-sku-penyakit-infeksi-degeneratif-dan-penyakit-yang-disebabkan-perilaku-tidak-sehat/ 
  2. http://prasmagabo.blogspot.co.id/2011/10/penyakit-infeksi-degeneratif-dan.html

 

Apa yang bisa kita lakukan untuk tubuh kita dan lingkungan?

Setiap orang pasti mendambakan tubuh yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Saat ini kita akan berbicara mengenai jasmani. Apa saja tips kesehatan yang baik?

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Bila tubuh tidak sehat akan memudahkan penyakit untuk masuk ke dalam tubuh yang berdampak rumah sakitlah tujuannya. Pola hidup sehat yang baik dan benar merupakan obat yang paling ampuh mencegah dari berbagai macam penyakit.

Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit yang akan menerpa. Lalu bagaimana kita bisa menjaga daya tahan tubuh yang baik agar senantiasa sehat dan bugar setiap hari?

Berikut beberapa tips kesehatan yang perlu diketahui:

1. “Positive thinking”

Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat. Usahakan untuk senantiasa berpikiran positif terhadap segala masalah, karena setiap masalah apabila diselesaikan dengan tenang akan ada solusinya. Dengan pikiran yang positif dapat memberikan rangsangan positif ke dalam tubuh, sehingga kita terjauh dari kata “stress”.

2. “Quality of rest”

Mengistirahatkan tubuh merupakan langkah yang sangat tepat untuk menghilangkan rasa lelah, setelah beraktivitas. Kalaupun kita paksakan apabila tubuh dapat berbicara; dia akan mengatakan “saya lelah dan butuh istirahat”. Istirahat yang cukup, terutama tidur yang cukup dan berkualitas, merupakan salah satu faktor menjaga daya tahan tubuh.

3. “Exercise”

Tujuan olahraga adalah menjaga agar kondisi tubuh bugar dan sehat. Dianjurkan untuk kebugaran tubuh agar menyisihkan waktu untuk berolahraga teratur. Diharapkan dengan berolahraga vaskularisasi sistemik dan oksigenasi dalam tubuh lebih baik, serta relaksasi otot-otot tubuh lebih sempurna. Jangan katakan tak sempat berolah raga demi kesehatan kita.

4. “Food”

a. Higienis

Selalu memastikan makanan yang dimakan sudah dicuci dengan bersih dan dimasak dengan matang sempurna.

b. Porsi

Makanlah dengan porsi makan yang wajar, tidak terlalu berlebihan. Dikhawatirkan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan obesitas.

c. Jenis

Pilihlah jenis makanan yang berserat setiap harinya, selain baik untuk pencernaan, fungsi makanan berserat menjaga tubuh dari serangan bakteri.

5. “Fluid”

Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air putih adalah yang terbaik diperlukan untuk tubuh, karena air putih merupakan minuman yang ampuh membuang racun yang ada dalam tubuh. Delapan gelas air putih perhari merupakan jumlah yang harus dipenuhi untuk mecukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jadi jangan tunggu haus untuk minum air putih ya.

6. “Vitamin D”

Vitamin D berfungsi menstimulasi sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.

7. “Fruit”

Mengkonsumsi buah-buahan baik untuk tubuh, di dalam buah-buahan banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh.

8. “Smile”

Tersenyum merupakan tips menjaga kesehata tubuh yang paling mudah. Dengan tersenyum dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Hal ini sudah dibuktikan oleh para ahli.

Setelah kita mampu menjaga kesehatan pribadi selanjutnya kita harus mampu menjaga lingkungan sekitar kita.
Apakah kita perduli terhadap lingkungan?

Disadari atau tidak, tangan-tangan manusialah yang merusak lingkungan dan dampaknya adalah ketidakseimbangan ekosistem dan tentunya berdampak buruk pada makhluk yang ada di dalamnya .

Masalah lingkungan dalam kehidupan dewasa ini sungguh sangat menjadi perhatian dari berbagai kalangan, sebab bila lingkungan rusak tentu akan berdampak kepada manusia. Banyak pengalaman yang berakibat dari kerusakan lingkungan berimbas pada kehidupan manusia, seperti lingkungan rusak maka akan menimbulkan panas di saat musim kemarau dan terjadi banjir saat musim hujan, tidak terkecuali kadang di daerah pegunungan bisa menimbulkan tanah longsor. Hal ini jelas berdampak kepada manusia dan makhluk hidup lain di sekitarnya.

Begitu juga di daerah perkotaan, kalau lingkungan tercemar seperti udara yang tidak sehat, dapat menimbulkan banyak penyakit yang menyerang manusia sekitarnya. Untuk itu masalah lingkungan menjadi perhatian serius bagi kita semua.
Rusaknya lingkungan jelas akibat ulah manusia itu sendiri. Tidak jarang kita menyaksikan begitu serakahnya manusia mengeksploitasi hutan melampaui batas kewajaran, sehingga ekosistem yang tadinya begitu baik menjadi rusak, akibatnya hutan tidak bisa menyerap air hujan yang banyak, yang berdampak banjir besar.

Melihat dari semua itu, maka kata kunci pemeliharaan lingkungan ini terletak pada manusia itu sendiri. Lingkungan senantiasa dijaga dan dilestarikan demi keamanan manusia itu sendiri dari keganasan alam dan bencana.

Tips ramah lingkungan mengacu pada “Save The Earth”, yaitu “Go green”

Ajakan mari hidup hijau, mari hidup lebih ramah lingkungan, berbuat sesuatu yang baik dan bemanfaat untuk bumi, dengan mengurangi perilaku yang mencemarkan atau merusak alam serta menghimbau untuk berbuat kebaikan bagi alam adalah salah satu cerminan perhatian kita terhadap lingkungan.

Go green juga merupakan suatu ajakan dan upaya yang dilakukan untuk menyelamatkan dan melindungi bumi dari bahaya global warming atau masalah lingkungan lain. Polusi atau global warming misalnya disebabkan karena kurangnya pohon-pohon yang sebenarnya mempunyai peran besar untuk menyerap CO2 di udara. Oleh karena itu diperlukan kembali penghijauan selain itu gaya hidup yang ramah lingkungan (hemat listrik, hemat bahan bakar dan lain sebagainya).

Jadi jangan menyepelekan kesehatan dan lingkungan, kita sehat lingkungan pun sehat, dan bumi jadi indah. SO.. KEEPING HEALTHY and SAVE THE EARTH.

Sumber:
Dunia informasi kesehatan
Intips kesehatan
Artikel lingkungan hidup
Go gogreenis. blogspot

logo-footer PT. Administrasi Medika


iso-admedika telkomedikalogo metralogo telkomlogo
Official Social Channels   Facebook   Twitter   Twitter   Twitter