Berita AdMedika

07 Jan

Dukung Telkom Indonesia Kembangkan Digitalisasi, AdMedika Bersama Telkom Sigma Hadirkan Situational Room di Kemenko PMK

Dukung Telkom Indonesia Kembangkan Digitalisasi, AdMedika Bersama Telkom Sigma Hadirkan Situational Room di Kemenko PMK

 

Jakarta- Pandemi tidak menghalangi AdMedika untuk terus berkembang menjadi lebih baik, dengan menghadirkan inovasi juga terobosan-terobosan baru di industri digital kesehatan. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, AdMedika bersama Telkom Sigma dukung Telkom Indonesia untuk menghadirkan situational room di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK). Hal ini juga merupakan upaya AdMedika untuk mendukung Telkom Indonesia dalam pengembangan digitalisasi.

Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. Menko PMK meninjau dan sekaligus meresmikan secara langsung situational room di Gedung Kemenko PMK yang didampingi oleh Yanto Setiawan GM Government Service Telkom, beserta jajaran pejabat Kementerian lainya. Turut hadir juga dalam peresmian Sri Sumari GM Goverment Business Account Management AdMedika Jumat (31/12)

Pemenuhan Situational Room ini dilatar belakangi oleh kebutuhan Kemenko PMK, dimana Kemenko PMK mempunyai tugas yaitu menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan.

Situational room merupakan ruangan kontrol yang mempunyai tugas atau manfaat sebagai pusat komando, sebagai tempat berkolaborasi untuk menghasilkan, menampilkan, dan menganalisa informasi penting serta untuk mengawasi seluruh program yang telah ditetapkan oleh Kemenko PMK dalam bentuk dashboard monitoring.

Dashboard monitoring disini berfungsi sebagai tempat mengumpulkan dan memproses data, juga sebagai sarana dan infrastruktur yang lengkap bagi Kemenko PMK untuk dapat melaksanakan fungsinya dalam pengambilan kebijakan. Selain itu juga dapat memudahkan dalam pengolahan data dari beberapa Kementerian atau Lembaga dibawah naungan Kemenko PMK, sehingga dapat membantu dalam pengambilan kebijakan kementerian

Dalam hal ini AdMedika berperan sebagai penyedia design dan mock up dashboard, termasuk collecting data diantaranya requierment understanding yang berfungsi untuk menggali kebutuhan laporan yang dibutuhkan dari 6 Kedeputian PMK yang masing-masing memiliki 4 bagian ke-Asdep-an, data gathering yang berfungsi untuk mendapatkan data pendukung dari 24 ke-Asdep-an, data understanding untuk menganalisa kondisi data yang diberikan. Kemudian development yakni pembangunan 25 dashboard dengan insight yang berbeda-berbeda, dan yang terakhir deployment ke 15 layar di sit room. Sedangkan Telkom Sigma sebagai penyedia perangkat situational room, baik itu hardware dan pembangunan situational roon serta pembangunan ETL.

Dina Yusmarlina Big Data Specialist AdMedika mengungkapkan bahwa hal ini tentunya juga memberikan manfaat tersendiri bagi AdMedika, di antaranya sebagai porto folio AdMedika, serta sebagai pengembangan kemampuan team data analyst dan scientist AdMedika.

Harapan kedepanya dengan adanya dashboard ini dapat menjadi media visual Big Data Kemenko PMK yang dapat melakukan predictive akan kejadian kedepan nya dan dapat melakukan prefentif dengan pengeluaran kebijakan.

pERESMIAN SITUASIONAL ROOM KEMENKO PMK 31 des 21 2

logo-footer PT. Administrasi Medika


iso-admedika telkomedikalogo metralogo telkomlogo
Official Social Channels   Facebook   Twitter   Twitter   Twitter