Sehati - Sehat Indonesiaku

AdMedika Health Blog

25 Jul

Kenali Gejala Osteoarthtritis part 1

Oleh 
(1 Pilih)

Kenali Gejala Osteoarthtritis
Mitos mengatakan bahwa penyakit rematik dan osteoarthtritis yag menyerang sendi dan struktur-struktur disekitarnya, akan menyambangi para lansia. Benarkah mitos tersebut? Mari kita ketahui jawabannya bersama.

Diketahui Penyebab Rematik
Pada dasarnya , penyakit rematik dapat dibedakan berdasarkan penyebabnya, yang pertama karena proses peradangan dan kedua karena proses degenerasi (penuaan). Pada usia muda, sendi yang normal mempunyai permukaan halus dan mengkilap. Namun proses penuaan atau degenerasi, yang dimulai pada usia dewasa awal dan berlanjut perlahan sepanjang usia, akan menyebabkan permukaan sendi berubah menjadi berbulir-bulir dan kasar.

Secara teori, sendi-sendi yang tersusun oleh tulang rawan, sebenarnya hampir seluruhnya dapat bertahan seumur hidup. Sayangnya, tulangrawan yang terdapat pada sendi hanya mempunyai kemampuan yang sangat terbatas untuk regenerai, sehingga proses degenerasi yang terjadi cenderung bersifat irreversible (tidak dapat kembali) dan progreif (memburuk). Apa yang terjadi pada proses degenerasi ini dapat dijelaskan oleh ilmu biokimia kedokteran. Disini dijelaskan bahwa proteoglycan, yang merupakan komponen dasar tulang rawan yang ada pada sendi, secara bertahap akan hilang sehingga collagen yang merupakan komponen lain dalam tulang rawan akan kehilangan pendukungnya dan selanjutnya tulang rawan tersebut akan tergerus. Seiring bertambahnya usia, fungsi sebagai penyerap goncangan dan sebagai permukaan yang dilumas pada sendi menjadi tidak efektif lagi.

Osteoarthtritis
Perubahan degenerasi sendi terjadi pada semua orang dewasa, walaupun dengan derajat yang berbeda-beda. Namun, perubahan degenerasi yang menonjol pada sebagian besar orang, sehingga perubahan degenerasi ini dapat dianggap sebagai variasi normal, seperti halnya rematik, akan tetapi jika perubahan degenerasi pada suatu sendi terjadi sebelum waktunya atau terjadi secara signifikan dan menyebabkan rasa nyeri, maka keadaan ini tidak dianggap sebagai variasi normal lagi, namun disebut sebagai osteoarthtritis, atau penyakit sendi degenerative ( degenerative joint disease). Kebanyakan orang yang merasakan osteoarthtritis sebagai gejala ringan yang hanya menimbulkan perasaan tidak nyaman pada sendi, atau sering menganggap karena ‘sudah tua’. Pada beberapa orang, proses degenerasi nyeri dan kadang sampai menimbulkan komplikasi, sehingga membutuhkan terapi.

Osteoarthtritis adalah penyakit local pada sendi, dan tidak mempunyai efek pada anggota tubuh yang lain. Penyakit ini umumnya paling sering terjadi pada sendi yang bertugas membawa beban berat tubuh, seperti pada sendi panggul dan lutut, juga pada sendi tulang belakang bagian bawah. Diperkirakan sekitar 25% perempuan dan 15% laki-laki beruia 60 tahun akan mengalami gejala osteoatrhtritis, dan pada usia di atas 75 tahun, lebih dari 80% laki-laki dan perempuan akan mengalaminya.

Penyebab osteoatrhtritis
Bedasarkan penyebabnya, osteoarthtritis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Osteoarthritis primer lebih sering terjadi pada perempuan dewasa di usia pertengahan, sedangkan yang sekunder lebih sering terjadi pada laki-laki dewasa sehubungan dengan riwayat trauma atau cedera yang lebih sering dialami olh kelompok populasi ini.

Pada osteoarthtritis primer, proses penuaan normal pada tulang rawan sendi terjadi sebelum waktunya disebabkan faktor genetik atau faktor lain yang sampai sekarang belum diketahui (idiopatik). Degenerasi yang sudah terjadi pada suatu sendi karena osteoarthritis primer, khususnya pada sendi lutut, dapat dipercepat atau diperburuk oleh kesalahan penggunaan sendi secara terus-menerus dan karena obesitas.

Sementara itu, osteoarthritis sekunder terjadi sering dibandingkan osteoarthtritis primer. Pada osteoarthtritis sekunder, terjadi perubahan awal pada tulang rawan sendi, yang nantinya akan berkembang menjadi osteoarthtritis. Perubahan awal ini dapat diakibatkan oleh cedera, deformitas tulang, dan penyakit-penyakit tertentu.

Ditulis Oleh:

Dr. Widyastuti S.U, Sp.Ot
TIM DOKTER SPESIALIS ORTHOPAEDI, EKA HOSPITAL BSD
Eka Hospital http://www.ekahospital.com/

Baca 33675 kali
Mitra Sehati

logo-footer PT. Administrasi Medika



iso-admedika telkomedikalogo metralogo telkomlogo
Official Social Channels   Facebook   Twitter   Twitter   Twitter