GENERAL ARTICLE

Penggunaan Data Pribadi

PEMBARUAN KEBIJAKAN PELINDUNGAN DATA PRIBADI
PT ADMINISTRASI MEDIKA

(Penggunaan Pada Website AdMedika)

Bahwa dalam rangka pencapaian pembentukan nilai (value creation) yang didasarkan pada kebutuhan stakeholder Perusahaan (stakeholder needs) melalui penyelarasan bisnis dengan jaminan Pelindungan Data Pribadi untuk dapat mengoptimalkan pengelolaan risiko (risk optimization), dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya (resource optimization), diperlukan Pembaruan Kebijakan Pelindungan Data Pribadi secara konsisten dan berkesinambungan, dengan mematuhi peraturan perundang- undangan;

Dengan telah diterbitkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi yang mengatur tentang ketentuan dan mekanisme Pelindungan Data Pribadi, PT Administrasi Medika (AdMedika) selaku Pengendali Data Pribadi dan Prosesor Data Pribadi wajib menyesuaikan ketentuan Pemrosesan Data Pribadi berdasarkan Undang-Undang tersebut;

Apa itu Kebijakan Privasi?

Kebijakan Privasi adalah pernyataan yang menjelaskan bagaimana Kami (“AdMedika”) mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi informasi pribadi. Kebijakan ini dibuat untuk memberikan kejelasan dan keyakinan kepada Stakeholders mengenai perlindungan privasi saat berinteraksi dengan kami. Kebijakan Privasi ini ditujukan untuk menginformasikan kepada orang perseorangan yang pada dirinya melekat Data Pribadi (Subjek Data Pribadi) terkait dengan Pemrosesan Data Pribadi yang dilakukan di AdMedika.

Stakeholders dan atau orang perseorangan dapat memahami Kebijakan Privasi terbaru kami melalui tautan ini. (https://mypersona.id/index.php/privacy-policy)

Apa itu Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi (Consent)?

Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi adalah persetujuan yang setiap orang perseorangan yang pada dirinya melekat Data Pribadi (Calon Pengguna/Pengguna ) berikan kepada AdMedika untuk memproses data pribadi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi.

Pemrosesan Data Pribadi merupakan aktivitas AdMedika yang berkaitan dengan :

  1. Pemerolehan dan pengumpulan Data Pribadi

  2. Pengolahan dan penganalisisan Data Pribadi

  3. Penyimpanan Data Pribadi

  4. Perbaikan dan pembaruan Data Pribadi

  5. Penampilan, pengumuman, transfer, penyebarluasan atau pengungkapan Data Pribadi

  6. Penghapusan atau pemusnahan Data Pribadi

Bagaimana cara Calon Pengguna/Pengguna (Subjek Data Pribadi) memberikan Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi (Consent)?

Setiap Calon Pengguna (Subjek Data Pribadi) dapat memberikan persetujuan/consent pada saat pertama kali menggunakan layanan AdMedika melalui aplikasi milik AdMedika.

Untuk Pengguna aplikasi (dalam hal penggunaan Aplikasi) dapat memberikan persetujuan/consent terbarunya melalui masing-masing aplikasi atau dengan mengunjungi website https://www.admedika.co.id/ .

Bagaimana cara Calon Pengguna memberikan Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi (Consent) melalui aplikasi Kami ?

Penggunadapat memberikan Persetujuan/Consent melalui aplikasi Mobile Apps MyAdmedik@ dengan cara sebagai berikut:

A. Peserta Baru yang akan registrasi di aplikasi MyAdMedik@

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi MyAdMedik@ dari playstore dan appstore

  2. Buka aplikasi MyAdMedik@

B. Peserta yang sudah terdaftar di aplikasi MyAdMedik@

  1. Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi MyAdmedik@ dengan versi terupdate.

  2. Buka dan Login aplikasi MyAdMed

  3. Muncul tampilan “Syarat & Ketentuan” terbaru. Selanjutnya klik “Baca Syarat & Ketentuan” untuk mengetahui “Kebijakan Privasi” dan “Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi” yang terbaru.

  4. Anda dapat membaca “Kebijakan Privasi” dan “Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi” yang terbaru lalu klik “Saya Setuju”.

  5. Selanjutnya Anda dapat memilih preferensi sarana komunikasi untuk dapat dihubungi oleh AdMedika dengan memberikan checklist pada sarana komunikasi yang dikehendaki lalu klik “Konfirmasi”.

  6. Selanjutnya, Anda dapat menikmati layanan dari Kami secara lebih optimal.

Apa Keuntungan Calon Pengguna/Pengguna memberikan Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi (Consent)?

Calon Pengguna/Pengguna mendapatkan layanan yang optimal dari Kami dengan menerima informasi penawaran produk ataupun promosi dari Kami yang sesuai dengan profil dan kebutuhan (tailor-made), serta Calon Pengguna/Pengguna dapat merasa lebih tenang dan aman memberikan data pribadinya kepada Kami dikarenakan Kami telah menerapkan kebijakan privasi sesuai dengan UU Pelindungan Data Pribadi.

Bagaimana jika Calon Pengguna/Pengguna tidak memberikan Persetujuan Pemrosesan Data Pribadi (Consent)?

Apabila Calon Pengguna/Pengguna tidak memberikan persetujuan/consent, Calon Pengguna/Pengguna tidak dapat menerima informasi penawaran produk ataupun promosi dari Kami yang sesuai dengan profil dan kebutuhan (tailor-made), sehingga layanan yang diberikan kepada Calon Pengguna/Pengguna menjadi terbatas.

Bagaimana cara Calon Pengguna/Pengguna menghubungi Kami apabila memiliki pertanyaan lebih lanjut?

Calon Pengguna/Pengguna dapat menghubungi tim layanan pelanggan melalui fitur hubungi kami yang ada di halaman login aplikasi.


KEBIJAKAN PRIVASI INDIVIDU

(Calon Pengguna/Pengguna)

Kebijakan Privasi

Selamat datang di Kebijakan Privasi kami. Kami ingin memberikan kejelasan dan keyakinan kepada Anda tentang bagaimana kami mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi informasi pribadi Anda. Dengan membaca kebijakan privasi ini, diharapkan Anda merasa tenang dan yakin bahwa privasi Anda adalah tujuan utama bagi kami.

Dalam Kebijakan Privasi ini, kami menyatakan PT Administrasi Medika (selanjutnya disebut "AdMedika") selaku Pengendali Data Pribadi, akan berupaya untuk memberikan keamanan dan perlindungan demi kenyamanan Anda dalam berinteraksi dengan kami.

Kami sangat mengutamakan keamanan Data Pribadi Anda. Dengan penuh tanggung jawab, Kebijakan Privasi ini secara rinci menjelaskan definisi, jenis, legalitas, dan tujuan pemrosesan Data Pribadi. Selain itu, kami menjelaskan pengendalian dan transfer Data Pribadi, jangka waktu pemrosesan, serta prosedur perubahan kebijakan privasi. Semua langkah ini kami lakukan dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi beserta perubahannya, yang lebih dikenal sebagai "UU PDP," serta peraturan perundang-undangan yang berlaku dan relevan, agar Anda merasa nyaman dan yakin dalam memberikan Data Pribadi Anda kepada kami.

Untuk memperjelas, jenis, dasar pemrosesan, dan tujuan pemrosesan Data Pribadi Anda dapat berbeda-beda tergantung pada produk, layanan, dan/atau jasa yang Anda gunakan.

A. Definisi Data Pribadi

Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non-elektronik.

Data Pribadi yang diproses meliputi Data Pribadi yang telah dan akan Anda berikan kepada AdMedika.

B. Jenis Data Pribadi

AdMedika menyadari bahwa penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja kategori dan jenis Data Pribadi Anda, yang dapat diproses. Jenis-jenis data tersebut meliputi:

  1. Data identifikasi profil pribadi, yaitu nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk KTP Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)/Tax Identification Number (TIN), dokumen keimigrasian, jenis kelamin, kewarganegaraan, tempat dan tanggal lahir, nama gadis ibu kandung, nama alias/panggilan, agama, rekaman suara, rekaman gambar, foto, bentuk tanda tangan (basah dan/atau elektronik), dan/atau data biometrik;

  2. Data korespondensi, yaitu alamat sesuai KTP, alamat dan status domisili, alamat surat elektronik (email), nomor telepon/handphone, dan kontak darurat yang mencakup nama, jenis hubungan dengan Anda, alamat, nomor telepon/ponsel, dan email;

  3. Data keluarga, yaitu status perkawinan, nama pasangan, jumlah anak, dan jumlah tanggungan;

  4. Data manfaat & penjamin, yaitu berisi informasi perihal data plan dan benefit peserta dari asuransi yang peserta;

  5. Data riwayat claim, yaitu berisi informasi perihal riwayat berobat peserta selama menggunakan kartu yang terdaftar di AdMedika dan menjadi peserta aktif di Asuransi.

Data Pribadi yang diproses dapat AdMedika terima secara langsung dari Anda atau melalui pihak ketiga.

C. Legalitas Pemrosesan Data Pribadi

Dasar Pemrosesan Data Pribadi dilakukan sepanjang AdMedika telah memenuhi satu atau beberapa dasar pemrosesan berikut:

  1. AdMedika secara eksplisit dan sah telah memperoleh persetujuan dari Anda;

  2. AdMedika menjalankan hak dan kewajibannya berdasarkan perjanjian dengan Anda;

  3. AdMedika perlu melaksanakan kewenangan atau memenuhi kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan/perintah instansi yang berwenang;

  4. AdMedika perlu untuk memenuhi kepentingan vital Anda;

  5. AdMedika perlu untuk melaksanakan tugas dalam rangka kepentingan umum dan/atau pelayanan publik;

  6. AdMedika perlu memenuhi kepentingan yang sah lainnya, dengan tetap memperhatikan keseimbangan antara kepentingan AdMedika dengan hak-hak Anda.

Tujuan Pemrosesan Data Pribadi Anda Pemrosesan Data Pribadi Anda dilakukan oleh AdMedika untuk tujuan berikut:

  1. Pengelolaan produk, layanan, dan/atau jasa AdMedika, termasuk profilling dan scoring, untuk peningkatan pelayanan untuk Anda dan manajemen risiko AdMedika.

  2. Penyediaan promo atau program AdMedika yang dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk produk dan/atau jasa yang telah Anda miliki.

  3. Pemasaran dan/atau penawaran atas produk, layanan, dan/atau jasa AdMedika dan/atau perusahaan lain di dalam AdMedika Group dan/atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan AdMedika, untuk produk dan/atau jasa yang yang belum Anda miliki.

Pemenuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan perintah regulator, aparat penegak hukum, serta instansi berwenang lainnya.

D. Pengendalian dan Transfer Data Pribadi

Dalam memproses Data Pribadi Anda, AdMedika dapat melibatkan pihak ketiga sebagai pengendali bersama dan/atau prosesor Data Pribadi Anda baik di dalam dan/atau luar Indonesia. Dalam hal demikian, AdMedika akan melakukan pelindungan atas Data Pribadi Anda sesuai peraturan perundang-undangan.

Jika AdMedika melakukan transfer Data Pribadi Anda ke luar Indonesia, AdMedika akan memastikan secara wajar bahwa negara tujuan transfer telah memiliki tingkat pelindungan Data Pribadi yang setara (atau lebih tinggi) dibandingkan pelindungan Data Pribadi di Indonesia.

Dalam hal negara tujuan transfer Data Pribadi tidak memiliki tingkat pelindungan yang setara (atau lebih tinggi), AdMedika dapat tetap melakukan transfer Data Pribadi Anda sepanjang memenuhi peraturan perundang-undangan.

E. Hak Anda sebagai Subjek Data Pribadi

Tentunya AdMedika menyadari bahwa Data Pribadi merupakan aset terpenting bagi Anda. Maka dari itu, berikut kami informasikan hak-hak yang Anda miliki sebagai Subjek Data Pribadi:

  • Hak atas Informasi dan Akses

    Anda memiliki hak untuk memperoleh informasi mengenai identitas pihak yang meminta Data Pribadi Anda, tujuan permintaannya, serta akses terhadap salinan Data Pribadi Anda. AdMedika akan memberikan akses ke informasi tersebut melalui sarana resmi AdMedika, seperti website AdMedika atau channel lainnya, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan AdMedika.

    Anda memahami bahwa dalam hal Anda meminta salınan mengenai informasi Data Pribadi Anda dan/atau detail pemrosesan Data Pribadi Anda, Anda dapat dikenakan biaya oleh AdMedika.

  • Hak atas Perbaikan Data

    Anda memiliki hak untuk melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki Data Pribadi yang salah atau tidak akurat.

  • Hak untuk Mendapatkan, Menggunakan dan/atau Mengirimkan Data Pribadi ke Pihak Lain

    Anda memiliki hak untuk memperoleh, memanfaatkan, atau memberikan Data Pribadi Anda yang ada pada AdMedika kepada pihak ketiga, selama sistem komunikasi yang digunakan oleh AdMedika dan Pihak Ketiga dimaksud aman.

  • Hak untuk Mengakhiri Pemrosesan, Menghapus dan/atau Memusnahkan Data Pribadi

    Anda berhak untuk mengakhiri pemrosesan, menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda. Anda setuju untuk memberikan AdMedika waktu untuk memproses pengakhiran pemrosesan, penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi Anda sejauh AdMedika perlukan. Untuk menjalankan hak mengakhiri pemrosesan, penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi tersebut, Anda dapat menghubungi AdMedika melalui sarana komunikasi yang diatur dalam poin H pada Kebijakan Privasi ini.

    Untuk dipahami, pengakhiran pemrosesan, penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi tersebut dapat mempengaruhi kemampuan AdMedika untuk menyediakan produk, layanan, dan jasa kepada Anda serta hubungan kontraktual yang telah dibuat antara AdMedika dengan Anda ataupun antara AdMedika dengan pihak ketiga lainnya, termasuk dapat mengakibatkan terhentinya layanan yang Anda terima dan/atau terjadinya pengakhiran atas satu atau beberapa perjanjian Anda dengan AdMedika dan/atau pelanggaran terhadap satu atau beberapa kewajiban Anda berdasarkan perjanjian dengan AdMedika.

    Sehubungan dengan hal tersebut, pengakhiran pemrosesan, penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi mengakibatkan Anda memberikan hak kepada AdMedika untuk melakukan pemblokiran rekening tabungan Anda, dan/atau menyatakan bahwa utang dan/atau kewajiban Anda kepada AdMedika menjadi jatuh tempo dan dapat ditagih. Segala kerugian yang timbul akibat pelaksanaan hak Anda untuk mengakhiri pemrosesan, penghapusan dan/atau pemusnahan Data Pribadi merupakan tanggung jawab Anda.

    Kewajiban AdMedika untuk menghapus dan memusnahkan Data Pribadi Anda dikecualikan untuk:

    1. Kepentingan pertahanan dan keamanan nasional;
    2. Kepentingan proses penegakan hukum;
    3. Kepentingan umum dalam rangka penyelenggaraan negara; atau
    4. Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan negara.

  • Hak Mengajukan Keberatan atas Hasil Pemrosesan Otomatis

    Anda berhak mengajukan keberatan atas hasil pemrosesan Data Pribadi Anda yang dilakukan secara otomatis yang menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan terhadap Anda, termasuk pemrofilan dan/atau credit scoring.

  • Hak untuk Menunda atau Membatasi PemrosesanAnda berhak untuk menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi

    Anda secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi Anda. Untuk pelaksanaan hak ini, Anda dapat menghubungi AdMedika melalui sarana komunikasi yang diatur dalam poin H pada Kebijakan Privasi ini. Anda perlu memahami bahwa permintaan penundaan atau pembatasan pemrosesan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan AdMedika untuk menyediakan produk, layanan, dan jasa kepada Anda, serta hubungan kontraktual yang telah dibuat antara AdMedika dengan Anda ataupun antara AdMedika dengan pihak ketiga lainnya termasuk dapat mengakibatkan terhentinya layanan yang Anda terima dan/atau terjadinya pengakhiran atas satu atau beberapa perjanjian Anda dengan AdMedika dan/atau pelanggaran terhadap satu atau beberapa kewajiban Anda berdasarkan perjanjian dengan AdMedika.

    Sehubungan dengan hal tersebut, penundaan atau pembatasan pemrosesan Data Pribadi tersebut mengakibatkan Anda memberikan hak kepada AdMedika untuk melakukan pemblokiran penggunaan Aplikasi. Segala kerugian yang timbul akibat pelaksanaan hak Anda untuk menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi merupakan tanggung jawab Anda.

  • Hak lainnya sesuai peraturan perundang-undangan

    Anda berhak untuk mengajukan hak lainnya terkait pemrosesan Data Pribadi sepanjang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

F. Jangka Waktu Pemrosesan Data Pribadi

AdMedika akan melakukan pemrosesan Data Pribadi sejak AdMedika memperoleh dasar pemrosesan. Pemrosesan akan terus AdMedika lakukan selama Anda masih menggunakan produk, layanan, dan/atau jasa AdMedika atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. AdMedika dapat menyimpan Data Pribadi Anda setelah Anda mengakhiri penggunaan produk, layanan, dan/atau jasa AdMedika sampai jangka waktu yang diperlukan dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan.

G. Perubahan Kebijakan Privasi

Kami senantiasa berkomitmen untuk menjaga keamanan dan privasi informasi Anda. Oleh karena itu, Kebijakan Privasi ini dapat kami perbarui sesuai dengan perkembangan praktik kami dalam pemrosesan Data Pribadi serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Anda dapat mengakses versi terbaru dari Kebijakan Privasi ini melalui situs kami di halaman https://mypersona.id/index.php/privacy-policy

Jika ada perubahan dalam Kebijakan Privasi ini, kami akan memberikan informasi melalui sarana komunikasi resmi. AdMedika berkomitmen untuk memastikan Anda merasa aman dan selalu terinformasi mengenai perlindungan privasi Anda.

Selain itu, jika ada bagian dari Kebijakan Privasi ini yang menjadi tidak dapat digunakan, hal tersebut tidak akan memengaruhi validitas dan keberlakuan ketentuan lainnya.

H. Hubungi Kami

AdMedika siap membantu dan menjawab semua pertanyaan yang mungkin Anda miliki mengenai Kebijakan Privasi ini.

Calon Pengguna/Pengguna dapat menghubungi tim layanan pelanggan melalui fitur hubungi kami yang ada di halaman login aplikasi.